Perkembangan bahasa

Perkembangan Bahasa  dan Bicara Anak

PERKEMBANGAN BAHASA

Definisi bahasa :
Bahasa merupakan alat komunikasi dengan orang lain untuk menyatakan perasaan dan pikiran kepada orang lain

Definisi bicara :
Bicara merupakan bentuk bahasa yang menggunakan artikulasi atau kata-kata yang digunakan dalam menyampaikan maksud

PERKEMBANGAN BAHASA ANAK 0-2 TAHUN

Pada bayi kemampuan berbicara atau komunikasi aktif dilakukan melalui tangisan dan gerakan tubuh

FUNGSI BAHASA
Menyatakan ekspresi diri
Alat komunikasi
Alat integrasi & adaptasi sosial
     Penyesuaian 
Alat kontrol sosial 
BENTUK KOMUNIKASI PRA BICARA
Menangis
Ocehan ( cooing ) / explosive sound
Celoteh ( babling ), misalnya ma-ma, da-da, pa-pa
Isyarat
Ungkapan emosional 
Dari ekspresi wajah, senang dengan tertawa, berceloteh, tidak senang dengan menjerit, menangis
HAL YANG MEMPENGARUHI DALAM BELAJAR BICARA
Kematangan organ bicara
Kesiapan mental
Kesiapan otak
Model
Kesempatan
Bimbingan
Motivasi

TUGAS POKOK DALAM PERKEMBANGAN BAHASA
Pembentukan perbendaharaan kata
Pengucapan kata, mendengar dan meniru
Pembentukan kalimat

KERAWANAN DALAM PERKEMBANGAN BAHASA / BICARA
Menangis berlebihan
Kesulitan pemahaman, keterbelakangan verbalisasi
Bicara cacat sebagai akibat, kesalahan belajar atau kecacatan fisik (sumbing, cacat langit-langit) 
Kerancuan bicara
Stuterring : gagap
Cluterring : terlalu cepat
Kedwibahasaan
Sulit berkomunikasi / pasif
Bicara tidak sosial

TEKNIK MEMPERKAYA PENGUASAAN BAHASA BAYI
Motherese yaitu cara ibu atau orang dewasa lainnya berbicara pada bayi dengan kalimat yang sederhana
Recasting / menyusun ulang
Mengungkapkan kembali kalimat yang sama / mirip dengan cara yang berbeda
Echoing / mengulang
mengungkapkan kembali kalimat yang dikatakan anak apabila perkataan tersebut tidak  sempurna / salah
Expanding / memperluas
menyatakan kembali ungkapan anak dengan bahasa yang lebih baik
Labeling / mengidentifikasi nama-nama

PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PRASEKOLAH (3-6 TAHUN)

KARAKTERISTIK (3-6 tahun)
Penuh dengan berbagai pertanyaan 
Sudah mampu mengekspresikan dunia dalam bentuk verbal dan non verbal
Kemajuan yg cukup pesat dalam kosakata, tata Bahasa, dan sintaksis (membentuk kalimat)

KOSAKATA
Usia 3 tahun dapat menggunakan kata 900-1000 kata
Usia 6 tahun secara ekspresif berbicara dengan menggunakan 2600 kata, serta mampu memahami 20.000 kata
Pendidikan prasekolah dan formal mampu meningkatkan kemampuan Bahasa anak sampi 4x lipat 
Proses pemahaman kosakata bisa terjadi melalui pemetaan cepat yaitu: proses saat anak-anak menyerap arti dari kata-kata baru setelah mendengar sekali atau dua kali dalam suatu percakapan 

TATA BAHASA DAN SINTAKSIS
Anak sudah mampu mengkombinasikan suku kata ke dalam kata, dan kata ke dalam kalimat 
Usia 3 tahun anak  mulai menggunakan bentuk jamak, kata ganti milik dan masa lampau, serta tau perbadaan antara, “aku, kamu, dan kita”
Mampu bertanya dan menjawab pertanyaan “apa” dan “dimana” sedangkan “mengapa” dan “bagaimana” agak terlalu sulit untuk dipahami 
Kalimat dibentuk pendek, sederhana dan berupa pertanyaan 
Usia 4-5 tahun: kalimatnya sekitar 4-5 kata dan berupa pernyataan: 
negatif “aku tidak lapar”, 
introgatif “mengapa aku tidak boleh keluar”,
kalimat perintah “ayo tangkap bola”
Menggunakan kalimat yg kompleks dan ada anak kalimatnya 
        “aku makan karena aku lapar”
Menggunakan kalimat dengan narasi cukup penjang 
Usia 5-7 tahun perkataan anak sudah menyerupai orang dewasa berbicara, berbicara dalam kalimat yg panjang dan kompleks, menggunakan kata hubung, kata depan dan artikel akan tetapi belum menguasai  beberapa hal penting dari Bahasa
Jarang menggunakan bentuk fasif “aku didandani oleh ibuku”, kondisional “jika aku sudah besar nanti aku bisa mengendarai bus”, kata bantu pernah “aku melihat perempuan itu sebelumnya”
Terkadang suka salah ucap 

PRAGMATIK DAN BICARA SOSIAL
Pragmatik adalah pengetahuan praktis yg dibutuhkan untuk menggunakan Bahasa untuk tujuan komunikatif 
Bicara social merupakan bicara yg memiliki tujuan untuk bisa dipahami oleh pendengar 
3 tahun sangat suka berbicara dan memperhatikan dampak kata-kata mereka terhadap orang lain
4 tahun menyederhanakan Bahasa mereka dan menggunakan daftar kata-kata ketika berbicara dengan anak usia 2 tahun 
5 tahun dapat mengadaptasi apa yg mereka katakana pada apa yg diketahui pendengarnya 

PERCAKAPAN SENDRI 
Percakapan sendiri adalah berbicara pada diri sendiri tanpa bermaksud berkomunikasi dengan orang lain

PERKEMBANGAN BAHASA YANG TERHAMBAT
o Input linguistic ketika dirumah 
o Masalah pendenganran dan abnormalitas 
o Faktor kelahiran dan bawaan 
o Lingkungan keluarga dan sosioekonomi 
o Kematangan anak yg berbeda 
o Anak yg megalami keterlambatan bahas di usia 2 tahun akan dapat mengejar dengan sebayanya di usia 7 tahun 
o Jika tidak ditagani secara cepat akan merdampak pada konsekuensi perkembangan kognitif, social, dan emosional yg cukup lama

PERSIAPAN UNTUK LITERASI
Kemunculan literasi adalah perkembangan keterampilan anak prasekolah dalam pengetahuan dan sikap yg mendasari membaca dan menulis 
Interaksi social merupakan faktor penting dalam perkembangan membaca dan menulis 
Batasi anak pada TV dan HP

PERIODE PERKEMBANGAN BAHASA

0-6 Bulan Sekedar bersuara 
Membedakan huruf hidup 
Pada akhir periode mulai berceloteh 
6-12 bulan Celoteh bertambah dengan mencakup suara dari bahas ucapan 
Isyarat digunakan untuk mengkomunikasikan suatu objek 
12-18 bulan Kata pertama diucapkan 
Rata-rata memahami 50 kosahkata lebih 
18-24 bulan Kosakata bertambah sampai 200 buah 
Kombinasi dua kata
2 tahun Kosakata bertambah cepat 
Menggunakan bentuk jamak secara tepat 
Menggunakan kata lampau 
Menggunakan beberapa preposisi atau awalan 
3-4 tahun Rata-rata panjang ucapan naik dari 3-4 morfem per perkalimat 
Menggunakan pertanyaan “ya” atau “tidak” dan pertanyaan “mengapa, dimana, siapa, kapan”
Mengunakan betuk negative dan perintah 
5-6 tahun Kosakata mencapai rata-rata 10.000 kata
Koordinasi kalimat sederhana 

Demikian penjelasan mengenai perkembangan bahasa dan bicara anak, semoga bermanfaat.

2 Komentar untuk "Perkembangan bahasa"

DedSwand mengatakan...

Dalam memantau perkembangan anak kita masing-masing memang seharusnya menjadi prioritas bagi kita semua sebagai orang tua ya Bu.. Mudah-mudahan dari setiap perkembanganya anak-anak kita mendapatkan hal-hal yang baik hingga menjadi anak yg berbudi pekerti yg baik dan berahlak yabg baik..

Wigati mengatakan...

Aamiin...ya btul perkembangan bahasa anak usia dini merupakan salahsatu aspek yg hrs kita perhatikn dan juga stimulasi sesuai perkembangannya. Mkasih atas kunjungannya

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel