Perkembangan bahasa
PERKEMBANGAN BAHASA
Definisi bahasa :
Bahasa merupakan alat komunikasi dengan orang lain untuk menyatakan perasaan dan pikiran kepada orang lain
Definisi bicara :
Bicara merupakan bentuk bahasa yang menggunakan artikulasi atau kata-kata yang digunakan dalam menyampaikan maksud
PERKEMBANGAN BAHASA ANAK 0-2 TAHUN
Pada bayi kemampuan berbicara atau komunikasi aktif dilakukan melalui tangisan dan gerakan tubuh
FUNGSI BAHASA
Menyatakan ekspresi diri
Alat komunikasi
Alat integrasi & adaptasi sosial
Penyesuaian
Alat kontrol sosial
BENTUK KOMUNIKASI PRA BICARA
Menangis
Ocehan ( cooing ) / explosive sound
Celoteh ( babling ), misalnya ma-ma, da-da, pa-pa
Isyarat
Ungkapan emosional
Dari ekspresi wajah, senang dengan tertawa, berceloteh, tidak senang dengan menjerit, menangis
HAL YANG MEMPENGARUHI DALAM BELAJAR BICARA
Kematangan organ bicara
Kesiapan mental
Kesiapan otak
Model
Kesempatan
Bimbingan
Motivasi
TUGAS POKOK DALAM PERKEMBANGAN BAHASA
Pembentukan perbendaharaan kata
Pengucapan kata, mendengar dan meniru
Pembentukan kalimat
KERAWANAN DALAM PERKEMBANGAN BAHASA / BICARA
Menangis berlebihan
Kesulitan pemahaman, keterbelakangan verbalisasi
Bicara cacat sebagai akibat, kesalahan belajar atau kecacatan fisik (sumbing, cacat langit-langit)
Kerancuan bicara
Stuterring : gagap
Cluterring : terlalu cepat
Kedwibahasaan
Sulit berkomunikasi / pasif
Bicara tidak sosial
TEKNIK MEMPERKAYA PENGUASAAN BAHASA BAYI
• Motherese yaitu cara ibu atau orang dewasa lainnya berbicara pada bayi dengan kalimat yang sederhana
• Recasting / menyusun ulang
Mengungkapkan kembali kalimat yang sama / mirip dengan cara yang berbeda
• Echoing / mengulang
mengungkapkan kembali kalimat yang dikatakan anak apabila perkataan tersebut tidak sempurna / salah
• Expanding / memperluas
menyatakan kembali ungkapan anak dengan bahasa yang lebih baik
• Labeling / mengidentifikasi nama-nama
PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PRASEKOLAH (3-6 TAHUN)
KARAKTERISTIK (3-6 tahun)
Penuh dengan berbagai pertanyaan
Sudah mampu mengekspresikan dunia dalam bentuk verbal dan non verbal
Kemajuan yg cukup pesat dalam kosakata, tata Bahasa, dan sintaksis (membentuk kalimat)
KOSAKATA
• Usia 3 tahun dapat menggunakan kata 900-1000 kata
• Usia 6 tahun secara ekspresif berbicara dengan menggunakan 2600 kata, serta mampu memahami 20.000 kata
• Pendidikan prasekolah dan formal mampu meningkatkan kemampuan Bahasa anak sampi 4x lipat
• Proses pemahaman kosakata bisa terjadi melalui pemetaan cepat yaitu: proses saat anak-anak menyerap arti dari kata-kata baru setelah mendengar sekali atau dua kali dalam suatu percakapan
TATA BAHASA DAN SINTAKSIS
• Anak sudah mampu mengkombinasikan suku kata ke dalam kata, dan kata ke dalam kalimat
• Usia 3 tahun anak mulai menggunakan bentuk jamak, kata ganti milik dan masa lampau, serta tau perbadaan antara, “aku, kamu, dan kita”
• Mampu bertanya dan menjawab pertanyaan “apa” dan “dimana” sedangkan “mengapa” dan “bagaimana” agak terlalu sulit untuk dipahami
• Kalimat dibentuk pendek, sederhana dan berupa pertanyaan
• Usia 4-5 tahun: kalimatnya sekitar 4-5 kata dan berupa pernyataan:
• negatif “aku tidak lapar”,
• introgatif “mengapa aku tidak boleh keluar”,
• kalimat perintah “ayo tangkap bola”
• Menggunakan kalimat yg kompleks dan ada anak kalimatnya
“aku makan karena aku lapar”
• Menggunakan kalimat dengan narasi cukup penjang
• Usia 5-7 tahun perkataan anak sudah menyerupai orang dewasa berbicara, berbicara dalam kalimat yg panjang dan kompleks, menggunakan kata hubung, kata depan dan artikel akan tetapi belum menguasai beberapa hal penting dari Bahasa
• Jarang menggunakan bentuk fasif “aku didandani oleh ibuku”, kondisional “jika aku sudah besar nanti aku bisa mengendarai bus”, kata bantu pernah “aku melihat perempuan itu sebelumnya”
• Terkadang suka salah ucap
PRAGMATIK DAN BICARA SOSIAL
Pragmatik adalah pengetahuan praktis yg dibutuhkan untuk menggunakan Bahasa untuk tujuan komunikatif
Bicara social merupakan bicara yg memiliki tujuan untuk bisa dipahami oleh pendengar
• 3 tahun sangat suka berbicara dan memperhatikan dampak kata-kata mereka terhadap orang lain
• 4 tahun menyederhanakan Bahasa mereka dan menggunakan daftar kata-kata ketika berbicara dengan anak usia 2 tahun
• 5 tahun dapat mengadaptasi apa yg mereka katakana pada apa yg diketahui pendengarnya
PERCAKAPAN SENDRI
Percakapan sendiri adalah berbicara pada diri sendiri tanpa bermaksud berkomunikasi dengan orang lain
PERKEMBANGAN BAHASA YANG TERHAMBAT
o Input linguistic ketika dirumah
o Masalah pendenganran dan abnormalitas
o Faktor kelahiran dan bawaan
o Lingkungan keluarga dan sosioekonomi
o Kematangan anak yg berbeda
o Anak yg megalami keterlambatan bahas di usia 2 tahun akan dapat mengejar dengan sebayanya di usia 7 tahun
o Jika tidak ditagani secara cepat akan merdampak pada konsekuensi perkembangan kognitif, social, dan emosional yg cukup lama
PERSIAPAN UNTUK LITERASI
Kemunculan literasi adalah perkembangan keterampilan anak prasekolah dalam pengetahuan dan sikap yg mendasari membaca dan menulis
Interaksi social merupakan faktor penting dalam perkembangan membaca dan menulis
Batasi anak pada TV dan HP
PERIODE PERKEMBANGAN BAHASA
0-6 Bulan Sekedar bersuara
Membedakan huruf hidup
Pada akhir periode mulai berceloteh
6-12 bulan Celoteh bertambah dengan mencakup suara dari bahas ucapan
Isyarat digunakan untuk mengkomunikasikan suatu objek
12-18 bulan Kata pertama diucapkan
Rata-rata memahami 50 kosahkata lebih
18-24 bulan Kosakata bertambah sampai 200 buah
Kombinasi dua kata
2 tahun Kosakata bertambah cepat
Menggunakan bentuk jamak secara tepat
Menggunakan kata lampau
Menggunakan beberapa preposisi atau awalan
3-4 tahun Rata-rata panjang ucapan naik dari 3-4 morfem per perkalimat
Menggunakan pertanyaan “ya” atau “tidak” dan pertanyaan “mengapa, dimana, siapa, kapan”
Mengunakan betuk negative dan perintah
5-6 tahun Kosakata mencapai rata-rata 10.000 kata
Koordinasi kalimat sederhana
Demikian penjelasan mengenai perkembangan bahasa dan bicara anak, semoga bermanfaat.
2 Komentar untuk "Perkembangan bahasa"
Dalam memantau perkembangan anak kita masing-masing memang seharusnya menjadi prioritas bagi kita semua sebagai orang tua ya Bu.. Mudah-mudahan dari setiap perkembanganya anak-anak kita mendapatkan hal-hal yang baik hingga menjadi anak yg berbudi pekerti yg baik dan berahlak yabg baik..
Aamiin...ya btul perkembangan bahasa anak usia dini merupakan salahsatu aspek yg hrs kita perhatikn dan juga stimulasi sesuai perkembangannya. Mkasih atas kunjungannya
Posting Komentar