Perkembangan Motorik Anak
Perkembanganan motorik merupakan salah satu aspek dari tahapan perkembangan anak usia dini, tulisan ini merupakan salah satu dari materi kuliah Psikologi Perkembangan.
PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA DINI
Definisi
Motorik yaitu semua gerakan yang mungkin dilakukan oleh seluruh anggota tubuh
Perkembangan motorik yaitu perkembangan pengendalian gerakan jasmaniah melalui kegiatan pusat syaraf, urat syaraf, dan otot yang terkoordinasi.
Erat kaitannya dengan perkembangan dari pusat motorik di otak. Pengendalian tersebut berasal dari perklembangan refleks dan kegiatan waktu lahir
Keterampilan Motorik yaitu suatu kegiatan yang terlatih yang merupakan satu rangkaian koordinasi dari otot-otot tubuh
KETERAMPILAN MOTORIK
1. Motorik Kasar
yaitu Keterampilan fisik yg melibatkan otot-otot yang lebih besar.
Misalnya : telentang, tengkurap, berjalan, berdiri, berlari dsb
2. Motorik Halus
yaitu keterampilan fisik yg melibatkan sedikit otot kecil serta koordinasi mata dan tangan kecil.
Misalnya : Meraih benda, mengambil benda, menulis, meronce manik-manik, menggunting.
PRINSIP-PRINSIP GERAKAN MOTORIK
Tergantung pada perkembangan system syaraf pusat, otot dan tulang (rangka), serta lingkungan
Keterampilan motorik akan terjadi kalau anak sudah mencapai kematangan
Perkembangan motorik mengikuti pola yang baku / bisa diramalkan (Prinsip sefalokaudal & prinsip Proximodistal)
Keterampilan sederhana dan kemudian mengkombinasikannya kedalam system tindakan yg semakin kompleks
Dapat menentukan norma perkembangan
HAL PENTING DALAM MEMPELAJARI KETERAMPILAN MOTORIK
Dasar genetik (bentuk tubuh & kecerdasan)
Kondisi pralahir (gizi dan kesehatan Ibu)
Kondisi pasca kelahiran (bayi yg aktif)
Kelahiran yg sulit
Kesehatan dan gizi bayi
Taraf kecerdasan
Over-protektif akan menghambat
Urutan kelahiran
Kelahiran prematur
Kesiapan belajar
Kesempatan belajar
Stimulasi & Kesempatan berlatih
Model latihan
Bimbingan
Motivasi
Setiap keterampilan motorik dipelajari secara individu
Keterampilan dipelajari satu-satu
PERIODE BAYI
Perkembangan Motorik
POLA PERKEMBANGAN MOTORIK
BAGIAN KEPALA
1 Bulan : menegakkan kepala pada posisi tengkurap
4 bulan : menegakkan kepala pada posisi duduk
BAGIAN BATANG TUBUH
Membalikkan badan
2 Bulan : membalikkan badan dari miring ke telentang
4 bulan : membalikkan badan dari telentang ke miring
6 bulan : lengkap
Duduk
4 bulan : menarik ke posisi duduk
5 bulan : dengan bantuan
6 bulan : lengkap
Pembuangan
2 bulan : pengendalian usus
2-4 bulan : kandung kemih
POLA PERKEMBANGAN MOTORIK
TANGAN
1 bulan : menghisap jempol
4 bulan : mengenggam dan menjangkau benda
5 bulan : memegang dan menggenggam
8 bulan : memungut benda dengan ibu jari
KAKI
Mengesot
6 bulan : mengesot (gerakan mundur dengan posisi duduk)
Merangkak
7 bulan : merangkak (badan tengkurap ditarik oleh tangang dan kaki menyepak
Maju perlahan-lahan
9 bulan : maju perlahan-lahan pada tangan dan lutut
10 bulan : maju perlahan-lahan pada kedua tangan dan lutut
Berdiri
8 bulan : dengan bantuan
10 bulan tanpa bantuan
Berjalan
11 bulan : dengan bantuan
12-14 bulan : tanpa bantuan
POLA PERKEMBANGAN MOTORIK BAYI
KEPALA
Lahir : posisi terlentang
menggerakan kepala ke kiri dan ke kanan, posisi telungkup
menggerakan kepala ke kiri dan ke kanan, posisi telungkup
mengangkat ke atas
2-3 bln : lebih tinggi bahkan bisa berguling
4 bln : tegak
KONTROL TANGAN
Lahir : Refleks menggenggam
3 ½ bln : mampu menggenggam benda yg berukuran sedang
7-11 bln : cukup terkoordinasi untuk mengambil benda yg lebih kecil
15 bln : mampu membangun menara dengan 2 balok
3 thn : mampu menyalin lingkaran
LOKOMOTION
3 bln : berguling dengan sengaja
6 bln : mampu duduk tanpa sandaran
6 – 10 bln : mulai bergerak
7 bln : berdiri dengan bantuan
11 bln : mampu berdiri sendiri
2 thn : mulai memanjat
3 ½ thn : berdiri seimbang dengan satu kaki dalam jangka waktu yg pendek, dan mulai melompat dengan satu kaki
KEMAMPUAN MOTORIK HALUS
• 13-24 BULAN / 1-2 TH
• Mengambil benda
• Memasukan benda ke lubang
• Membuka lembaran
• Mencoret coret
• Menarik benda
• Memutar benda
• Melempar-lempar
• menggambar
• 25-36 BULAN / 2-3 TH
• Merangkai benda
• Memegang alat tulis
• Mengancingkan kancing
• Membuka pakaian
• Meniru garis
• Menggambar bentuk
FUNGSI KETERAMPILAN MOTORIK
• Self Help
• Social Help
• Play Skill
• School Skill
BAHAYA DALAM PERKEMBANGAN MOTORIK
o KETERLAMBATAN
o HARAPAN YANG TIDAK REALISTIK
o KEGAGALAN DALAM BELAJAR KETERAMPILAN
o KIDAL
o KEKAKUAN
PERIODE ANAK-ANAK AWAL
Perkembangan Motorik
Sistem tindakan
Meningkatkan kombinasi yang lebih kompleks dari keterampilan, yang mengijinkan gerakan yang lebih luas atau kisaran gerakan yang tepat dan lebih memiliki kontrol terhadap lingkungan
Handedness
Pilihan untuk menggunakan dominasi tangan tertentu (kiri atau kanan)
Perkembangan artistik
MOTORIK KASAR
• Walking & Running
• Jumping & Hopping
• Ball Skills
Keterampilan Motorik Kasar
3 tahun
Memiliki aktivitas tinggi / lebih gelisah dan aktif.
Berjingkrak, melompat, berlari kesana kemari.
Masa ini disebut sebagai vigorous unfolding
tidak bisa berbelok atau berhenti tiba-tiba dengan cepat
Dapat melompat dengan jarak sekitar 15 -25 inci
Dapat menaiki tangga tanpa dibantu dengan kaki bergantian
Melompat menggunakan sebagian besar rangkaian yang tidak teratur dengan tambahan beberapa variasi
Keterampilan Motorik Kasar
4 tahun
Memiliki kontrol lebih efektif untuk berhenti, mulai, dan berbelok
Dapat melompat dari jarak sekitar 28-36 inci
Dapat menuruni tangga dengan kaki bergantian jika dibantu
Dapat melompat 4-6 langkah pada satu kaki berjinjit
Keterampilan Motorik Kasar
5 tahun
Gerakan motorik menyerupai orang dewasa
Dapat mulai, berbelok dan berhenti dalam satu permainan (ada aturan main, ucing sumput)
Dapat melompat dan berjalan dari jarak sekitar 28-36 inci
Dapat menuruni tangga dengan kaki bergantian tanpa dibantu
Dapat dengan mudah melompat dengan jarak sekitar 16 kaki
Bisa dijadikan suatu kegiatan
MOTORIK HALUS
• Self- Help Skill
• Drawing & Writing
• Sistem tindakan
Stik men (menggambar tidak menyerupai bulat garis) mengenalkan jari tangan, anggota tubuh dan fungsinya. Merealisasikan dengan gambar
Di tes kematangan stik men pointnya satu
PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS
USIA KEMAMPUAN MOTORIK HALUS
36-48 BULAN / 3-4 TH
Meremas dan mengguling malam
Meremas dan mengguling malam
Membuat Menara dari balok
Meniru geometrik
Menggunting Membuat tanda silang
Meniru tulisan
Memanipulasi krayon besar
Mengancing dan menutup zipper (restleting)
(fokus stimulasi cara memegang gunting, pensil, cara duduk)
49-60 BULAN / 4-5 TH
- Menggunting bentuk (tidak sembarangan)
- Menggunting bentuk (tidak sembarangan)
- Menggambar berbagai desain
- Membuka menutup kancing, zipper dan
-menalikan sepatu Membentuk obyek yg dikenal dengan malam
Memakai baju dan melepas baju
Memegang dan memanipulasi pensil, crayon dari berbagai ukuran
(stimulasi dengan titik2, meniru, menjiplak)
KEMAMPUAN MENULIS
Menulis adalah proses motorik yang rumit, yang memerlukan sejumlah persyaratan keterampilan, termasuk kontrol postur yang baik, kemampuan untuk membuat gerakan terisolasi otot kecil di tangan (anak yang energinya lebih tdk mau diam), koordinasi mata tangan(fokus), pembentukan tangan yang dominan, motor planning (masih corat coret), diskriminasi visual (fokus), persepsi organisasi(mengapresiasikan), dan proses kognitif dan Bahasa.(reseptif)
Menulis kalimat tdk disarankan , yang disarankan meniru bentuk
Kemampuan literasi awal sudah terlihat 3 tahun
Cara memegang, cara duduk, meniru, titik
Kebiasaan buruk dalam menulis
× Sikap tubuh dan cara memegang pensil (tidak cepat lelah)
× Tulisan yg buruk/jelek menjadi kebiasaan yg tertanam kuat (kebiasan yang tidak terlatih)
KARAKTERISTIK TULISAN
Tulisan yg dianggap disfungsional atau bermasalah & membutuhkan bantuan professional
‼ Tulisan tidak terbaca ( indikasi disleksia)
‼ Lupa bagaimana bentuk huruf
‼ Huruf terbalik
‼ Lambat dalam menulis
‼ Menghindar untuk menulis
‼ Tidak dapat berkonsentrasi terhadap tulisannya
‼ Bahasa ekspresif kurang berkembang
Gangguan : biasanya kerusakan fisik (otak) contoh autis, dd/ad, ABK
Hambatan : fisik utuh, penghambatnya disleksia, diskalkulia, gangguan komunikasi
Cara menyusun balok: meraih balok dengan 2 jari
Menggunting kertas : usia 6 tahun harus sesuai, yang tajam jangan tumpul
Melipat kertas : posisi kertas dilipat di atas meja (belum terkoordinasi)
Demikian penjelasan mengenai perkembangan motorik anak, semoga bermanfaat bagi pembaca khususnya orangtua dan pendidik Anak Usia Dini dalam memahami perkembangan motorik anak.
Demikian penjelasan mengenai perkembangan motorik anak, semoga bermanfaat bagi pembaca khususnya orangtua dan pendidik Anak Usia Dini dalam memahami perkembangan motorik anak.
Belum ada Komentar untuk "Perkembangan Motorik Anak"
Posting Komentar