Perkembangan Motorik Anak

Perkembanganan motorik merupakan salah satu aspek dari tahapan perkembangan anak usia dini, tulisan ini merupakan salah satu dari materi kuliah Psikologi Perkembangan.

PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA DINI

Definisi

Motorik yaitu semua gerakan yang mungkin dilakukan oleh seluruh anggota tubuh
Perkembangan motorik yaitu perkembangan pengendalian gerakan jasmaniah melalui kegiatan pusat syaraf, urat syaraf, dan otot yang terkoordinasi. 
Erat kaitannya dengan perkembangan dari pusat motorik di otak. Pengendalian tersebut berasal dari perklembangan refleks dan kegiatan waktu lahir

Keterampilan Motorik yaitu suatu kegiatan yang terlatih yang merupakan satu rangkaian koordinasi dari otot-otot tubuh  

KETERAMPILAN MOTORIK
1. Motorik Kasar 
yaitu Keterampilan fisik yg melibatkan otot-otot yang lebih besar.
Misalnya : telentang, tengkurap, berjalan, berdiri, berlari dsb

2. Motorik Halus
yaitu keterampilan fisik yg melibatkan sedikit otot kecil serta koordinasi mata dan tangan kecil.
Misalnya : Meraih benda, mengambil benda, menulis, meronce manik-manik, menggunting.

PRINSIP-PRINSIP GERAKAN MOTORIK

Tergantung pada perkembangan system syaraf pusat, otot dan tulang (rangka), serta lingkungan 
Keterampilan motorik akan terjadi kalau anak sudah mencapai kematangan 
Perkembangan motorik mengikuti pola yang baku / bisa diramalkan (Prinsip sefalokaudal & prinsip Proximodistal) 
Keterampilan sederhana dan kemudian mengkombinasikannya kedalam system tindakan yg semakin kompleks 
Dapat menentukan norma perkembangan 

HAL PENTING DALAM MEMPELAJARI KETERAMPILAN MOTORIK

Dasar genetik (bentuk tubuh & kecerdasan)
Kondisi pralahir (gizi dan kesehatan Ibu)
Kondisi pasca kelahiran (bayi yg aktif)
Kelahiran yg sulit 
Kesehatan dan gizi bayi 
Taraf kecerdasan 
Over-protektif akan menghambat 
Urutan kelahiran 
Kelahiran prematur 
Kesiapan belajar
Kesempatan belajar
Stimulasi & Kesempatan berlatih
Model  latihan 
Bimbingan
Motivasi
Setiap keterampilan motorik dipelajari secara individu
Keterampilan dipelajari satu-satu

PERIODE BAYI
Perkembangan Motorik
POLA PERKEMBANGAN MOTORIK

BAGIAN KEPALA
1 Bulan : menegakkan kepala pada posisi tengkurap 
4 bulan : menegakkan kepala pada posisi duduk

BAGIAN BATANG TUBUH
Membalikkan badan
2 Bulan : membalikkan badan dari miring ke telentang
4 bulan : membalikkan badan dari telentang ke miring
6 bulan : lengkap
Duduk
4 bulan : menarik ke posisi duduk
5 bulan : dengan bantuan
6 bulan : lengkap
Pembuangan 
2 bulan    : pengendalian usus 
2-4 bulan : kandung kemih

POLA PERKEMBANGAN MOTORIK

TANGAN
1 bulan : menghisap jempol
4 bulan : mengenggam dan menjangkau benda
5 bulan : memegang dan menggenggam
8 bulan : memungut benda dengan ibu jari
KAKI
Mengesot
      6 bulan   : mengesot (gerakan mundur dengan posisi duduk)
Merangkak 
     7 bulan   : merangkak (badan tengkurap ditarik oleh tangang dan  kaki menyepak

Maju perlahan-lahan 
   9 bulan   : maju perlahan-lahan pada tangan dan lutut
   10 bulan : maju perlahan-lahan pada kedua tangan dan lutut
Berdiri
8 bulan : dengan bantuan
10 bulan tanpa bantuan
Berjalan
11 bulan      : dengan bantuan
12-14 bulan : tanpa bantuan

POLA PERKEMBANGAN MOTORIK BAYI

KEPALA
Lahir     : posisi terlentang 
 menggerakan kepala ke kiri dan ke kanan, posisi telungkup 
 mengangkat ke atas 
2-3 bln   : lebih tinggi bahkan bisa berguling 
4 bln   : tegak 

KONTROL TANGAN
Lahir       : Refleks menggenggam 
3 ½ bln   : mampu menggenggam benda yg berukuran sedang 
7-11 bln   : cukup terkoordinasi untuk mengambil benda yg lebih kecil 
15 bln      : mampu membangun menara dengan 2 balok 
3 thn     : mampu menyalin lingkaran 

LOKOMOTION 
3 bln     : berguling dengan sengaja 
6 bln     : mampu duduk tanpa sandaran 
6 – 10 bln : mulai bergerak 
7 bln     : berdiri dengan bantuan 
11 bln    : mampu berdiri sendiri 
2 thn      : mulai memanjat 
3 ½ thn  : berdiri seimbang dengan satu kaki dalam jangka waktu yg pendek, dan mulai melompat dengan satu kaki  

KEMAMPUAN MOTORIK HALUS

13-24 BULAN / 1-2 TH
Mengambil benda 
Memasukan benda ke lubang 
Membuka lembaran 
Mencoret coret 
Menarik benda 
Memutar benda 
Melempar-lempar 
menggambar 

25-36 BULAN / 2-3 TH
Merangkai benda 
Memegang alat tulis 
Mengancingkan kancing 
Membuka pakaian 
Meniru garis 
Menggambar bentuk 

FUNGSI KETERAMPILAN MOTORIK

Self Help
Social Help
Play Skill
School Skill 

BAHAYA DALAM PERKEMBANGAN MOTORIK

o KETERLAMBATAN
o HARAPAN YANG TIDAK REALISTIK
o KEGAGALAN DALAM BELAJAR  KETERAMPILAN
o KIDAL
o KEKAKUAN 


PERIODE ANAK-ANAK AWAL
Perkembangan Motorik

Sistem tindakan 
Meningkatkan kombinasi yang lebih kompleks dari keterampilan, yang mengijinkan gerakan yang lebih luas atau kisaran gerakan yang tepat dan lebih memiliki kontrol terhadap lingkungan 
Handedness
Pilihan untuk menggunakan dominasi tangan tertentu (kiri atau kanan)

Perkembangan artistik 

MOTORIK KASAR

Walking & Running
Jumping & Hopping
Ball Skills

Keterampilan Motorik Kasar

3 tahun 
Memiliki aktivitas tinggi / lebih gelisah dan aktif. 
Berjingkrak, melompat, berlari kesana kemari. 
Masa ini disebut sebagai vigorous unfolding
tidak bisa berbelok atau berhenti tiba-tiba dengan cepat 
Dapat melompat dengan jarak sekitar 15 -25 inci 
Dapat menaiki tangga tanpa dibantu dengan kaki bergantian 
Melompat menggunakan sebagian besar rangkaian yang tidak teratur dengan tambahan beberapa variasi 

Keterampilan Motorik Kasar

4 tahun 
Memiliki kontrol lebih efektif untuk berhenti, mulai, dan berbelok 
Dapat melompat dari jarak sekitar 28-36 inci 
Dapat menuruni tangga dengan kaki bergantian jika dibantu 
Dapat melompat 4-6 langkah pada satu kaki berjinjit

Keterampilan Motorik Kasar

5 tahun 
Gerakan motorik menyerupai orang dewasa 
Dapat mulai, berbelok dan berhenti dalam satu permainan  (ada aturan main, ucing sumput)
Dapat melompat dan berjalan dari jarak sekitar 28-36 inci 
Dapat menuruni tangga dengan kaki bergantian tanpa dibantu 
Dapat dengan mudah melompat dengan jarak sekitar 16 kaki

Bisa dijadikan suatu kegiatan 

MOTORIK HALUS

Self- Help Skill
Drawing & Writing
Sistem tindakan 

Stik men (menggambar tidak menyerupai bulat garis) mengenalkan jari tangan, anggota tubuh dan fungsinya. Merealisasikan dengan gambar
Di tes kematangan stik men pointnya satu 

PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS

USIA KEMAMPUAN MOTORIK HALUS
36-48 BULAN / 3-4 TH
Meremas dan mengguling malam 
Membuat Menara dari balok 
Meniru geometrik
Menggunting Membuat tanda silang 
Meniru tulisan 
Memanipulasi krayon besar 
Mengancing dan menutup zipper (restleting)
(fokus stimulasi cara memegang gunting, pensil, cara duduk)

49-60 BULAN / 4-5 TH
- Menggunting bentuk  (tidak sembarangan)
- Menggambar berbagai desain 
- Membuka menutup kancing, zipper dan 
-menalikan sepatu Membentuk obyek yg dikenal dengan malam 
Memakai baju dan melepas baju 
Memegang dan memanipulasi pensil, crayon dari berbagai ukuran 
(stimulasi dengan titik2, meniru, menjiplak)

KEMAMPUAN MENULIS
Menulis adalah proses motorik yang rumit, yang memerlukan sejumlah persyaratan keterampilan, termasuk kontrol postur yang baik, kemampuan untuk membuat gerakan terisolasi otot kecil di tangan (anak yang energinya lebih tdk mau diam), koordinasi mata tangan(fokus), pembentukan tangan yang dominan, motor planning (masih corat coret), diskriminasi visual (fokus), persepsi organisasi(mengapresiasikan), dan proses kognitif dan Bahasa.(reseptif)
Menulis kalimat tdk disarankan , yang disarankan  meniru bentuk
Kemampuan literasi awal sudah terlihat 3 tahun
Cara memegang, cara duduk, meniru, titik
Kebiasaan buruk dalam menulis 
× Sikap tubuh dan cara memegang pensil (tidak cepat lelah)
× Tulisan yg buruk/jelek menjadi kebiasaan yg tertanam kuat (kebiasan yang tidak terlatih) 

KARAKTERISTIK TULISAN

Tulisan yg dianggap disfungsional atau bermasalah & membutuhkan bantuan professional
Tulisan tidak terbaca ( indikasi disleksia)
Lupa bagaimana bentuk huruf 
Huruf terbalik 
Lambat dalam menulis 
Menghindar untuk menulis 
Tidak dapat berkonsentrasi terhadap tulisannya 
Bahasa ekspresif kurang berkembang 
Gangguan : biasanya kerusakan fisik (otak) contoh autis, dd/ad, ABK
Hambatan : fisik utuh, penghambatnya disleksia, diskalkulia, gangguan komunikasi
Cara menyusun balok: meraih balok  dengan 2 jari
Menggunting kertas : usia 6 tahun harus sesuai, yang tajam jangan tumpul

Melipat kertas : posisi kertas dilipat di atas meja (belum terkoordinasi) 

Demikian penjelasan mengenai perkembangan motorik anak, semoga bermanfaat bagi pembaca khususnya orangtua dan pendidik Anak Usia Dini dalam memahami perkembangan motorik anak.

Belum ada Komentar untuk "Perkembangan Motorik Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel