Pendapat mahasiswa Piaud UMB tentang Penelitian Kualitatif

Bismillahirrahmaanirrahiim,

Pendapat mahasiswa Piaud UMB tentang Penelitian Kualitatif-


Nama : Wigati
NIM  : 1819.03.1.098

Setelah membandingkan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif, saya memilih kualitatif.
Alasan secara ilmiah
1. Penelitian kualitatif menggunakan sumber alamiah sebagai data
2. Penelitian kualitatif sifatnya deskriptif analitik
3. Penelitian kualitatif lebih menekankan proses daripada hasil
4. Tanpa intervensi peneliti
5. Penelitian sifatnya induktif
6. Penelitian lebih mengutamakan makna.

Alasan pribadi :
1. Karena profesi saya sebagai seorang pendidik yang sering berhubungan dengan masyarakat sosial dan kependidikan.
2. Data yang saya peroleh berasal dari lingkungan tempat saya tinggal yg merupakan  sumber alamiah
3. Observasi maupun wawancara adalah proses yang akan saya lakukan dalam mengumpulkan data sehingga diperoleh data yang akurat.
4. Karena ketika mengumpulkan data di lapangan saya berperan serta sebagai peneliti yang akan mencoba memahami sumber data baik responden, proses, berkas2 dll sehingga menjadi suatu pembelajaran bagi saya.
5. Karena pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif menurut saya hasil penelitian lebih bermakna bukan numerical(angka)/statistik.

Nama : Lilis Kusmiati
NIM :1819.03.1.041
Saya akan memilih jenis penelitian kualitatif.
Alasannya :
1.Terjun langsung ke lapangan, sehingga ada interaksi dengan sumber yang sedang kita teliti seperti tanya jawab langsung sehingga beritanya bukan hoax tetapi real atau nyata sesuai fakta.
2.Bisa menggali lebih dalam datanya langsung dari sumber sehingga bisa kita tuangkan dalam penelitian yang sesuai fakta karena ada wawancara langsung, bukti foto foto, video dan ada sumber sumber yang lain yang dapat di percaya.
3.Hasil analisis data berupa pemaparan data atau uraian naratif pada umumnya dengan.menjawab pertanyaan-pertanyaan mengapa, apa, dimana dan bagaimana penomena itu terjadi.

Nama : Agus Winarno
NIM : 1617.03.1.033

Saya memilih jenis penelitian Kualitatif
Alasannya :
1. Penelitian Kualitatif karena penelitian kualitatif memandang suatu fakta kebenaran tergantung pad acara peneliti menginterpretasikan data berbanding terbalik dengan kuantitatif yang melihat fakta kebenaran berada pada objek pnelitiannya.
2. Jika Kuantitatif menguji kebenaran sebuah teori dan akan berhubungan dengan angka-angka serta statistic sehingga peneliti harus netral dalam menafsirkan data, berbeda dengan kualitatif yang menguatkan suatu teori yang ada sehingga dalam perjalanan penelitiannya tidak seberat karena akan berjalan dengan memegang teori yang sudah ada .
3. Dalam kualitatif bersifat deskriftif dimana peneliti cenderung menggunakan analisis peneliti.
4. Alasan Pribadinya karena pernah mengalami mengambil penelitian kuantitatif sedangkan pembimbing kurang memahami pengolahan data dan statistic.

Formatnya

Nama : Widuri
NIM  : 1819.03.1.096
Saya akan memilih jenis penelitian kualitatif

Bismillah....
Alasannya :
1. Saya ingin lebih faham dan tahu kendala atau kelemahan apa yang terjadi di lapangan dalam lingkungan pendidikan supaya saya bisa memperbaiki kekurangan dan kendala dan sesuai dengan tujuan pendidikan yang sebenarnya
2. Memilih kualitatif karena gejala masalah yang terjadi berhubungan dengan fenomena sosial dimana perlu penelaahan lebih dalam terhadap orang orang yang terlibat di dalamnya. mewawancaranya untuk, menanya bagaimana dan kenapa hal iti bisa terjadi dengan mengumpulkan data yang akurat dan sesuai dengan yang terjadi di lapangan.
3. Yang menjadi penekanan dari penelitian ini bukanlah hasil tetapi proses  dimana lebih bermakna buat saya, lebih faham dan mendalam dengan apa yang harus diperbaiki. Proses yang alami yang terjadi tanpa diawali teori ayau intervensi.
4. Untuk penelitian dengan kualitatif memerlukan penguasaan ilmu dengan hal yang diteliti, kebetulan sedikitnya saya lagi belajar dalam hal ini jadi ilmu ysng saya dapatkan bisa menjadi acuan.
5. Alsan yang paling pribadi saya ingin sekali belajar lebih banyak dengan mengembangkan kemampuan sosial saya di bidang pendidikan ini guna meningkatkan pengetahuan tentang apa yang  sebenarnya terjadi dalam masyarakat sosial khususnya dalam bidang pendidikan

Nama : Siti Safuroh
NIM.   ' 1819.03.1.084

Saya akan memilih jenis penelitian kualitatif.

Alasannya

1. Bisa di Komunikasi kan hasil penelitian kepada masyarakat luas
2. Memiliki kepekaan untuk melihat setiap gejala yang ada pada objek penelitian (situasi sosial)
3. Mampu menggali sumber data dengan observasi partisipan dan wawancara mendalam
4. Mampu menghasilkan temuan pengetahuan, mengkonstruksi, fenomena, hipotésis atau ilmu baru.
5. Penelitian lebih berjalan subjektif
6. Mempunyai landasan teori sesuai fakta.
7. Sangat efektif digunakan dalam mencari tanggapan dan pandangan Karena bertemu langsung.

Menurut saya pribadi kenapa memilih penelitian kualitatif.
1. Karena penelitian kualitatif lebih saya pahami.
2. Penelitian kualitatif lebih mengutamakan proses bukan hasil, hal itu yang saya sukai, karena proses merupakan usaha individu secara maksimal, sedangkan hasil tidak bisa di prediksi.
3. Dengan penelitian kualitatif kita bisa lebih dekat dengan objek penelitian kita.
4. Hasil penelitian kualitatif sangat memuaskan karena bersifat alamiah, natural dan induktif.

Formatnya

Nama : Rismala Dwi Amalia
NIM  :. 1819.03.1.071
Saya akan memilih jenis penelitian kualitatif
Alasannya :
1. penelitian kualitatif menggunakan lingkungan alamiah sebagai sumber data. Dan profesi saya sebagai guru, sering dihadapkan pada permasalahan yang menyangkut anak dimana latar belakang sosial yang berbeda2, sehingga dengan penelitian kualitatif saya dapat mengidentifikasi secara langsung menjalankan proses penelitian secara mendalam, sehingga jelas dan mendapat  titik temu dari Narasumber yang berkaitan dan hasil penelitian  diharapkan dapat menjadi sebuah solusi dan manfaat untuk orang banyak
2. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif analtik, jadi menuntut saya untuk memahami dan menguasai ilmu yang berhubungan dengan permasalahan yaitu  melakukan pengamatan, wawancara, pengumpulan data, menganalisis dokumen dll. Dengan semua  proses itu akan menjadi pengalaman secara langsung dan menuangkannya dengan bahasa sendiri.
3. Penelitian kualitatif itu ada pada proses bukan hasil. Dengan mencari informasi secara mendalam, diperlukan proses yang tidak mudah, dengan melakukan interaksi sosial, pendekatan ke narasumber secara langsung, saya dapat belajar mengenali karakter, watak, prilaku hidup seseorang. Proses dilapangan ini yang akan menjadi pengalaman yang berharga untuk saya
4. Penelitian kualitatif sifatnya induktif yaitu dimulai dari lapangan yakni fakta empiris, mengharuskan saya terjun secara langsung untuk meneliti, mencari informasi dan mempelajari semua secara detail, akurat dan mendalam ke lapangan.
5. Intinya dengan penelitian kualitatif saya akan mendapat ilmu yang banyak, pengalaman berharga, dan dapat secara langsung terlibat dalam penelitian dan dapat menuangkan semua pandangan ke dalam penelitian dan dapat mendeskripsikan hasil penelitian dengan bahasa sendiri. Dan diharapkan dapat menjadikan perbaikan dalam memberi pendidikan baik di sekolah maupun di rumah
Terimakasih🙏

Nama : Hilmiah Anandari Ladysta
NIM : 1819031027
Saya akan memilih Metodologi dengan pendekatan kualitatif

Alasannya :
Karena metodologi kualitatif mempunyai karakteristik yang alami sebagai sumber data langsung, deskriptif, proses lebih dipentingkan dari pada hasil, kualitatif dilakukan secara langsung dan lebih berfokus kepada judul penelitian.
Alasan pribadi saya :
Karena saya merupakan pendidik dan juga sebagai peneliti langsung, untuk memecahkan masalah yang ada pada misal salah satu anak didik saya, Dengan terjun langsung ke lapangan saya  bisa melihat langsung apa yang sedang terjadi dan apa yang saya dapat dilapangan menjadi acuan dalam penyusunan laporan penelitian saya.
untuk jenis penelitiannya saya memilih studi kasus (case study), yaitu: suatu penelitian yang dilaksanakan untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang, dan mempunyai data yang akurat. dengan melakukan kegiatan wawancara dengan subjek penelitiannya adalah salah satu teknik penelitian yang dapat dimengerti secara alami sehingga akan memudahkan pemecahan masalah dari rumusan masalah yang dibuat. Jadi akan sangat membantu jika saya melakukan penelitian dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif, jenis studi kasus ini.

Nama: Rinawati Kusnawan
NIM: 1920.03.1.031
Saya akan memilih jenis penelitian Kualitatif
Alasan memilih penelitian Kualitatif :
1.Karena dengan penelitian kualitatif akan lebih dinamis dan fleksible dalam menemukan kebenaran objek yang saya teliti dalam situasi sosial yang ada di lingkungan TK saya juga di lingkungan sekitar rumah,  dan lebih bersifat interaktif dengan objek yang akan saya teliti jadi cara mewawacarai dan pendekatannya akan terasa lebih nyaman
2. Selain itu penelitian kualitatif pendekatannya lebih kepada lingkungan setempat yang sedikit banyaknya saya sudah faham tentang sosial dan kehidupan mereka sehari - hari,  sehingga akan memudahkan saya dalam menuangkan hasil penelitian yang telah saya teliti.
3. Pada penelitian kualitatif lebih bersifat  deskriptif analitif jadi saya dapat langsung bertatap muka dengan objek yang akan di teliti,  dengan demikian saya dapat dengan mudah mencari data - data dari apa yang akan di teliti juga informasinya akan lebih akurat karena sedikit banyak saya sudah mengenalj lingkungan sosialnya.

Nama : Pipih Pirohayati
NIM  : 1819.03.1.063

Bismillah..
Insyaallah saya akan memilih jenis penelitian Kualitatif

Alasannya :
.
1. Karena dalam Penelitian kualitatif menggunakan sumber alamiah sebagai data.Data yang diambil tentunya dari lingkungan saya sendiri sehingga akan lebih mudah dalam mendapatkan informasi dan data yang nantinya akan diperoleh dari hasil interaksi langsung dengan dengan objek yang akan di teliti dan dari hasil dari lingkungan terhubung dengan masalah tersebut, sehingga ini akan menambah wawasan dan pengalaman bagi saya.
2. Penelitian kualitatif menggunakan deskripsi analitik dimana tidak perlu menggunakan angka-angka (karena sy merasa lemah dalam angka angka atau hitungan) jadi hanya cukup dengan mencari informasi data asli dan pemaparan mengenai masalah yg diteliti.
3. Penelitian kualitatif lebih menekankan proses daripada hasil. Dari sini akan banyak sekali ilmu yg didapat bagaimana kita mendapatkan informasi dan dr proses penelitian ini akan banyak sekali pengalaman yg akan didapatkan.
4. Karena dalam penelitian kualitatif mengutamakan makna yang nantinya akan diperoleh dari orang-orang dan lingkungan yg akan kita teliti dan kita wawancara dalam masalah yg akan dikemukakan,dan ini akan bermakna juga bagi sy sebagai penelitinya

Nama : Sitinurhalimah
NIM    : 1819.03.1.083
Saya akan memilih jenis penelitian kualitatif
Alasan secara ilmiah Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif
1. Lebih menekankan pada hasil bukan proses
2. Objek yang digunakan lingkungan alamiah sebagai sumbet data
3. Proses penelitian dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan, memahami dan mempelajari peristiwa permasalahan yang akan diteliti
Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif
1. Proses kerjanya berlangsung secara ringkas, terbatas dan memilah- milah permasalah
2. Hasil data yang di peroleh d simpulkan dengan berbentuk angka
Alasan pribadi
1. Karena saya terjun langsung ke lapangan sehingga saya bisa lebih memahami dan mempelajari permasalahan lebih jelas dan mendapatkan data/ hasil yang akurat
2. Hasil data yang telah di peroleh dapat disimpulkan secara deskripsi analitik tidak berbentuk angka (numerical)
3. Lebih efektif karena bertemu langsung dan wawancara dengan objeknya
Mungkin itu saja miss yang saya pahami mhon maaf masih banyak kekurangannya🙏🏻🙏🏻

Formatnya

Nama : isna garnida
NIM  : 1819.03.1.035
Saya akan memilih jenis penelitian kualitatif
Alasannya :
1. Penelitian kualitatif lebih menekankan pada prosesnya bukan hanya pada hasilnya
2. Penelitian bisa lebih akurat karena data di ambil secara wawancara langsung sehingga data yang dihasilkan sangat jelas dan benar
3.penelitian kualitatif menjelaskan hasilnya secara rinci ataupun jelas
Saya memilih penelitian kualitatif karena dalam penelitian ini kita sebagai guru lebih bisa mengenal,memahami, mempelajari serta mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi

Formatnya

Nama : Andis Handiyani
NIM  : 1819.03.1.004
Saya akan memilih jenis penelitian Kualitatif
Alasannya :
1. Karena dalam pendekatan kualitatif penelitian yang digunakan untuk meneliti bersumber pada objek alamiah dan dimana peneliti menjadi instrumen kunci, sehingga data yang akan didapat sangat mudah karena berada dilingkungan sekitar
2. Dengan pendekatan kualitatif saya lebih banyak tahu apa yang terjadi dilapangan secara  mendalam dan dapat bertanya langsung kepad a objek yang sedang di teliti sehingga data yang didapat akan lebih akurat
3. Pendekatan ini juga yang saya yakin karena pendekatan ini tidak dimulai dari teori tetapi dimulai dari fakta yang terjadi dilapangan sehingga saya sebagai guru dapat dengan mudah menemukan permasalahan-permasalahan yang terjadi dilapangan

Nama : Mulyanti Roditul Zanah
NIM  : 1819.03.1.049
Saya akan memilih jenis penelitian kualitatif
Alasannya :
1. Menggunakan lingkungan alamiah sebagai sumber data, saya bisa terjun langsung ke lapangan mencari dan mengumpulkan data yang akurat dan detail karena melalui wawancara dan observasi
2. Bersifat lebih mengutamakan proses bukan hasil
3. Bersifat deskriptif analitik yaitu data-data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar bukan angka-angka sehingga memudahkan saya membuat laporan secara jelas, lengkap dan rinci.
4. Melalui penelitian kualitatif bisa mendapatkan wawasan yang luas dan bermakna bisa mendapatkan setiap keunikan individu di masyarakat dapat merasakan kepekaan untuk melihat setiap gejala( situasi sosial ) yang ada pada objek yang diteliti.


Belum ada Komentar untuk "Pendapat mahasiswa Piaud UMB tentang Penelitian Kualitatif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel