Resume Bab I metode Penelitian Pendidikan PROF. DR. NANA SYAODIH SUKMADINATA

Resume 
Bab I 
metode Penelitian Pendidikan
PROF. DR. NANA SYAODIH SUKMADINATA-

Makna penelitian
Perlunya penelitian
1. Karena pengetahuan, pemahaman dan kemampuan manusia sangat terbatas, dibandingkan lingkungannya yang begitu luas.
2. Manusia memiliki dorongan untuk mengetahui atau curiousity.
3. Manusia dalam kehidupannya selalu dihadapkan kepada masalah, tantangan, ancaman, kesulitan baik didalam dirinya, keluarganya, masyarakat sekitarnya dan dilingkungan kerjanya.
4. Manusia merasa tidak puas dengan apa yang telah dicapai, dikuasai, dan dimilikinya, ia selalu ingin yang lebih baik, lebih sempurna, lebih memberikan kemudahan, selalu ingin menambah dan meningkatkan "kekayaan" dan fasilitas hidupnya.

Pemenuhan rasa ingin tahu
1. Bertanya kepada oranglain, orang yang dipandang lebih tahu, lebih berpengalaman/lebih mengerti
2. Dengan cara pengamatan langsung
3. Dengan melihat dan mempelajari dokumen (buku, jurnal, majalah, surat kabar, media elektronik dan internet)
4. Melalui penelitian

Pemecahan masalah
1. Pemecahan masalah dilakukan secara tradisional atau mengikuti kebiasaan.
2. Pemecahan masalah secara dogmatis
3. Pemecahan masalah secara intuitif
4. Pemecahan masalah secara emosional
5. Pemecahan masalah secara spekulatif/trial and error
6. Pemecahan masalah melalui penelitian (objektif, sistematis, menggunakan metode dan mengikuti prosedur, serta berpegang pada prinsip-prinsip dan kaidah-kaidah pengumpulan, pengolahan data, dan pembuktian secara ilmiah.

Pengertian penelitian
Yaitu suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.

Penelitian merupakan upaya untuk mengembangkan pengetahuan, mengembangkan dan menguji teori. 
Lima langkah pengembangan pengetahuan melalui penelitia menurut Pendapat Walberg(1986) :
1. Mengidentifikasi masalah penelitian
2. Melakukan studi empiris
3. Melakukan replikasi/pengulangan
4. Menyatukan (sintesis) dan mereviu
5. Menggunakan dan mengevaluasi oleh pelaksana

Tujuan akhir suatu ilmu adalah mengembangkan dan menguji teori. Suatu teori dapat menjelaskan dan meramalkan fenomena-fenomena alamiah.

Langkah-langkah pencarian ilmiah (reflective thinking) menurut Jhon Dewey:
1. Mengidentifikasi masalah,
2. Merumuskan dan membatasi masalah,
3. Menyusun hipotesis,
4. Mengumpulkan dan menganalisis data,,
5. Menguji hipotesis dan menarik kesimpulan.

Pencarian berpola (disciplined inquiry)
Merupakan suatu prosedur pencarian dan pelaporan dengan menggunakan cara-cara dan sistematika tertentu disertai penjelasan dan alasan yang kuat.

Karakteristik penelitian
1. Objektivitas
2. Ketepatan
3. Verifikasi
4. Penjelasan ringkas
5. Empiris
6. Penalaran logis
7. Kesimpulan kondisional

Langkah-langkah penelitian
1. Mengidentifikasi masalah
2. Merumuskan dan membatasi masalah
3. Melakukan studi kepustakaan
4. Merumuskan hipotesis
5. Menentukan desain dan metode penelitian
6. Menyusun instrumen dan mengumpulkan data
7. Menganalisis data dan menyajikan hasil
8. Menginterpretasikan temuan, membuat kesimpulan dan rekomendasi

Jenis-jenis penelitian berdasarkan pendekatan:
1. Penelitian kuantitatif
2. Penelitian kualitatif

Jenis-jenis penelitian berdasarkan fungsinya:
1. Penelitian dasar (basic research)
2. Penelitian terapan (applied research)
3. Penelitian evaluatif (evaluative research)

Jenis-jenis penelitian berdasarkan tujuannya:
1. Penelitian deskriptif
2. Penelitian prediktif
3. Penelitian improftif
4. Penelitian eksplanatif





Belum ada Komentar untuk "Resume Bab I metode Penelitian Pendidikan PROF. DR. NANA SYAODIH SUKMADINATA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel