Biography Montessori

Biography Montessori - Maria Montessori lahir pada 31 Agustus 1870


Dari sekian banyak tokoh pendidikan anak, hanya Montessorilah yang mencurahkan hampir keseluruhan hidupnya untuk anak-anak. Ia adalah seorang dokter, pendidik sekaligus filsuf.
Maria Montessori lahir di Italia pada 31 Agustus 1870.
Maria muda terdaftar di sekolah negeri lokal di Via di San Nicolo da Tolentino. 
Dari 1886-1890 ia melanjutkan studinya di Regio Instituto Tecnico Leonardo da Vinci, dengan tujuan untuk menjadi seorang insinyur.Setelah kelulusannya, orang tua Montessori mendorong dia untuk mengambil karir dalam mengajar, Awalnya Maria ditolak kepala sekolah sebuah universitas kedokteran. Dia tidak terkejut, dan mengakhiri wawancara itu dengan mengatakan, "Aku tahu aku akan menjadi dokter". Pada tahun 1890 Montessori terdaftar di Universitas Roma untuk belajar fisika, matematika dan ilmu pengetahuan alam, dia menerima diplomanya dua tahun kemudian. 

Kemudian masuk Fakultas Kedokteran, dan ia menjadi wanita pertama yang memasuki sekolah kedokteran di Italia. Dia menghadapi tekanan dari rekan-rekan prianya. Pada tanggal 10 Juli 1896 menjadi wanita pertama yang lolos sebagai dokter di Italia, dan dengan perbedaan ini juga dia dikenal di seluruh negeri. Montessori segera dipekerjakan di Rumah Sakit San Giovanni yang terhubung dengan Universitas. Tahun berikutnya ia diminta untuk mewakili Italia di Kongres Internasional untuk Hak-Hak Perempuan di Berlin, dan dalam sambutannya pada Kongres, November 1896 Montessori ditunjuk sebagai asisten bedah di Rumah Sakit Santo Spirito di Roma untuk tugas portofolionya. Pada tahun 1897 dia menawarkan diri untuk bergabung dengan program penelitian di klinik psikiatri dari Universitas Roma, dan bertemu dengan Giusseppe Montesano, yang akhirnya menjadi suaminya. Dia mulai membaca semua yang dia bisa tentang masalah anak-anak cacat mental, dan khususnya dia mempelajari karya inovatif dari dua orang Prancis pada awal abad ke-19, Jean-Marc Itard, dan Edouard Séguin, murid Jean-Marc. Itard telah mengembangkan teknik pendidikan melalui indra, Séguin yang mencoba untuk beradaptasi dengan pendidikan mainstream. Sangat kritis terhadap pendidikan yang ketat pada waktu itu, Séguin menekankan penghormatan dan pemahaman untuk setiap individu anak. 

Menjabat sebagai co-director, dengan Guisseppe Montesano, di sekolah Orthophrenic. Sekolah ini mengambil anak-anak dengan gangguan spektrum yang luas dan terbukti dengan ini menjadi titik balik dalam kehidupan Montessori, dengan menandai pergeseran identitas profesionalnya dari dokter menjadi pendidik. Montessori menghabiskan 2 tahun bekerja di Sekolah Orthophrenic, bereksperimen dengan dan menyempurnakan bahan yang dirancang oleh Itard dan Séguin.
Pada tahun 1901 Montessori ke filsafat pendidikan dan antropologi yang dipelajarinya sendiri. Pada tahun 1904 ia mengambil pos sebagai dosen di Pedagogik School of University of Rome, yang ia pegang sampai 1908. Dalam satu perkuliahan dia mengatakan kepada murid-muridnya: "Subjek penelitian kami adalah kemanusiaan; Tujuan kami adalah untuk menjadi guru. Sekarang, apa yang benar-benar membuat seorang menjadi guru adalah kecintaan terhadap anak manusia; untuk itu cinta yang akan mengubah tugas sosial pendidik ke dalam kesadaran yang lebih tinggi akan misi ".

Mendirikan Casa dei Bambini atau 'Rumah Anak' nya yang pertama, yang dibuka pada 6 Januari 1907 Pada musim gugur 1908 ada lima Casa dei Bambini beroperasi, empat di Roma dan satu di Milan. Anak-anak di Casa dei Bambini membuat kemajuan yang luar biasa, dan dengan segera anak umur 5 tahun bisa menulis dan membaca. Pada musim panas 1909 Dr Montessori memberikan kursus pelatihan pertama dengan pencapaian sekitar 100 siswa. Pada tahun 1933 bangkitnya fasisme di Eropa semua sekolah Montessori di Jerman telah ditutup dan sebuah patung dirinya dibakar di atas api unggun yang dibuar dari buku-bukunya di Berlin. 

Pecahnya perang sipil di Spanyol mepaksa keluarganya untuk meninggalkan rumah mereka di Barcelona, dan mereka berlayar ke Inggris pada musim panas 1936. Dari Inggris pengungsi melakukan perjalanan ke Belanda. Pada tahun 1939 Maria menghadiri undangan komunitas ilmu tasawuf India. Mario dan Maria memulai perjalanan ke India untuk memberikan kursus pelatihan 3 bulan di Madras diikuti dengan tur ceramah; mereka tidak kembali selama hampir 7 tahun. 
Dengan pecahnya perang, sebagai warga negara Italia, Mario dan Maria diasingkan dan ditempatkan di bawah tahanan rumah. 

Permintaan ulang tahunnya ke-70 kepada pemerintah India, Mario harus dibebaskan dan dikembalikan kepadanya, permintaannya telah diberikan, dan bersama-sama mereka melatih lebih dari seribu guru India. Pada tahun 1946 mereka kembali ke Belanda. Pada tahun 1947 Montessori diangkat UNESCO dengan tema 'Pendidikan dan Perdamaian'. Pada tahun 1949 ia menerima nominasi pertama dari tiga nominasi untuk Nobel Perdamaian. Pada tahun 1951 dia menghadiri 9 Internasional Montessori Kongres di London. Pada 6 Mei 1952, di rumah liburan keluarga Pierson di Belanda, dia meninggal di dampingi anaknya, Mario.

Metodenya tetap efektif hingga seratus tahun kemudian

Belum ada Komentar untuk "Biography Montessori"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel