Mengembangkan Imajinasi dengan Bermain Balok


Mengembangkan Imajinasi dengan Bermain Balok

Bermain balok susun merupakan salah satu alat bermain konstruksi yang bermanfaat bagi anak. Mainan balok merupakan wajib bagi anak TK, karena balok adalah jenis permainan yang kaya manfaat, terutama bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. 
Seorang guru hendaknya memfasilitasi anak untuk bermain balok sehingga mereka dapat mengenal konsep bentuk, ukuran, keterkaitan bentuk, kerapihan, ketelitian, bahasa dan kreatifitas. Bermain balok selalu dikaitkan dengan peran mikro dan bangunan yang dibangun anak digunakan untuk bermain peran.
Permainan balok ternyata dapat juga memperkuat genggaman jari dan tangan anak, serta meningkatkan koordinasi mata dan tangan. 

Berikut adalah Alat dan Bahan main :

  • balok-balok dengan berbagai bentuk dan ukuran
  • balok asesoris untuk main peran
  • lego berbagai bentuk

Aturan Permainan :

  • Persiapkan balok-balok yang akan dimainkan dengan beragam bentuk dan warnaa
  • berikan pemahaman kepada anak tentang bentuk dan konsep yang akan dibuat dalam permainan ini
  • susun balok-balok tersebut sesuai dengan imajinasi dan keinginan anak
  • gunakan balok asesoris untuk peran yang diinginkan 
  • permainan ini dapat dimainkan secara indiviudal maupun berkelompok

Manfaat Permainan :

Ada beberapa manfaat dari permainan ini terhadap anak, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. mengenalkan konsep dasar matematika,dalam bermain susun balok akan ditemukan beragam konsep seperi warna, bentuk, ukuran dan keseimbangan. 
  2. merangsang kreatifitas dan imajinasi anak. Untuk membangun sesuatu, tentunya diperlukan kemampuan anak dalam berimajinasi. Imajinasi yang dituangkan dalam karya tersebut akan mengasah kreatifitas anak dalam mencipta beragam bentuk dalam permainan ini. 
  3. melatih kesabaran. Dalam menyusun balok satu persatu agar terbentuk bangunan sesuai imajinasinya, tentu anak memerlukan kesabaran. Berarti ia melatih diri sendiri untuk melakukan proses dari awal sampai akhir demi mencapai sesuatu. Ia berlatih untuk dapat menyelesaikan pekerjaannya.
  4. secara sosial anak belajar berbagi. Ketika bermain susun balok bersama teman anak terlatih untuk berbagi. Misalnya jika temannya kekurangan balok tertentu anak diminta untuk membagi balok yang dibutuhkan. Perlahan tapi pasti, anak juga belajar untuk tidak berebut saat bermain. Inilah yang merupakan bagian dari kecerdasan emosi anak
  5. mengembangkan rasa percaya diri pada anak. Ketika anak bermain susunan balok dan bisa membuat bangunan, tentu anak akan merasa puas dan gembira. Pencapaian ini bisa menumbuhkan rasa percaya diri terhadap kemampuannya.



Belum ada Komentar untuk "Mengembangkan Imajinasi dengan Bermain Balok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel